f
s
f
Follow Me
TOP
Image Alt
Wisata Selorejo

About Us

[vc_row content_placement=”top” row_content_width=”grid”][vc_column offset=”vc_col-lg-offset-0 vc_col-lg-7 vc_col-md-offset-0 vc_col-md-10 vc_col-sm-offset-0″]

Tentang Wisata Selorejo

Desa Selorejo adalah sebuah desa yang berada dibawah kaki gunung Kawi. Daerah ini terkenal dengan buah jeruk dan bumi perkemahan nya yaitu Bedengan. Website ini bertujuan memberikan informasi tentang seluruh wisata yang ada di Desa Selorejo, Bedengan, Kab. Malang.

[vc_empty_space height=”13px”][vc_single_image image=”5386″ img_size=”full”][vc_empty_space height=”13px”][vc_column_text]

  1. Sejarah Desa Selorejo

Desa Selorejo adalah sebuah desa yang berada dibawah kaki gunung Kawi. Daerah ini terkenal dengan buah jeruk dan bumi perkemahan nya yaitu Bedengan. Dulunya Desa Selorejo adalah sebuah hutan rimba yang dibuka atau di babat alas oleh 2 tokoh yang bernama Mbah H. Turejo dan Mbah Sayang. Mereka mulai memimpin pembabatan hutan pada pertengahan abad ke-18 yang mana pada saat itu merupakan akhir Perang Diponegoro. Tujuannya awalnya tak lain adalah untuk dijadikan kawasan tempat tinggal bagi rombongan yang merupakan pelarian dari Mataram Islam setelah pertempuran melawan pemerintahan Belanda.

Pada awalnya, perkampungan tersebut oleh Mbah Turejo dinamai dengan desa “Watugedhe” yang berarti batu besar. Ini didasarkan pada ditemukannya dua buah batu dalam ukuran besar yang besarnya melebihi ukuran batu pada umumnya, di jalan yang mengitari desa. Selain itu, ada kepercayaan dalam masyarakat setempat bahwa batu tersebut memiliki kekuatan mistik. Beberapa orang yang berusaha untuk memecah batu tersebut agar tidak menghalangi jalan justru menjadi korban, mereka meninggal dunia setelah itu. Saat ini, kedua batu tersebut tetap berada di tempatnya (insitu) walaupun kondisi salah satu batunya sudah rusak.

Dalam perkembangannya, desa Watugedhe beralih nama menjadi Desa Selorejo. Selo berarti batu (dalam bahasa Jawa) dan rejo yang diambil dari nama pendiri desa tersebut yakni Mbah H. Turejo. Saat ini Desa Selorejo memiliki 3 dusun, yaitu Dusun Selorejo/Krajan, Dusun Selokerto dan Dusun Gumuk. Adapun potensi wisata yang dimiliki Desa Selorejo antara lain, yaitu: (1) wisata petik jeruk; (2) bumi perkemahan bedengan; (3) area coss; (4) air terjun; (5) wisata bunga; dan (6) wisaa petik sayuran hidroponik.

  1. Luas Wilayah

Desa Selorejo merupakan desa yang berada di Kabupaten Malang tepatnya di Kecamatan Dau. Lokasi nya berada pada daerah Kabupaten Malang sebelah utara. Desa Selorejo berada lebih kurang 17 km dari ibu kota kabupaten dan 7 km dengan kota kecamatan terdekat. Adapun batas–batas Desa Selorejo adalah sebagai berikut:

Sebelah Barat     : Hutan

Sebelah Selatan  : Desa Petung Sewu

Sebelah Utara     : Desa Gading Kulon

Sebelah Timur    : Desa Tegal Weru

Berdasarkan keadaan di di Desa Selorejo saat ini, luas wilayah untuk pemukiman terdapat 39,5 ha, sedangkan untuk area pertanian terdapat sebesar 410,47 6 ha yang terdiri dari jenis tanah pertanian, ladang, serta tanaman ternak.Luas area hutan sendiri 2068,1 ha yang tersebar mengelilingi desa tersebut. Perkembangan selanjutnya yakni jumlah area luas dari bangunan baik perkantoran maupun sarana rekreasi terdapat sejumlah 26, 6 ha.

Bentang Alam di daerah ini sangat sejuk dengan temperatur udaranya 23⁰C. Sedangkan rata-rata kelembaban nisby 20% dengan curah hujan 2.000 mm/ tahun, dengan bentang alam yang demikian maka Desa Selorejo Kecamatan Dau ini cocok digunakan untuk bercocok tanam buah-buahan dan sayur-sayuran. Salah satu komoditas buah yang paling potensial di desa ini adalah jeruk. Saat ini sudah ada sekitar 250 hektar kebun jeruk dari total keseluruhan lahan perkebunan seluas 330 hektar yang dijadikan sebagai wisata petik jeruk.Dengan banyaknya wisata petik jeruk tersebut menjadikan Desa Selorejo pada tahun 2014 di juluki sebagai desa wisata petik jeruk.

Kondisi fisik lahan di area perkebunan Desa Selorejosudah tertata rapi dengan membuat alur teras siring untuk mencgah terjadinya erosi tinggi dan selain itu juga untuk mencegah tergenangnya air hujan masyarakat membuat gundukan tanah sebagai media tanam sayuran agar tidak busuk atau mati ketika terjadi hujan.Untuk aksesbilitas di desa ini rata-rata masyarakat menggunakan sepeda motor dan truk sebagai angkutan penyetoran hasil alam ke kota sehingga desa ini sangat terjangkau.

  1. Jumah Penduduk

Berdasarkan pada arsip Desa Selorejo pada Bulan Agustus 2020 total keseluruhan penduduk yang mendiami Desa Selorejo adalah sebesar 3.753 jiwa dengan total 1.214 KK. Dengan rincian 1.863 penduduk berjenis kelamin laki-laki dan 1.890 penduduk berjenis kelamin perempuan. Sebagian besar mata pencaharian penduduk Desa Selorejo adalah di sektor perkebunan, rata-rata penduduk desa ini memiliki lahan kebun jeruk dan menjadikanya sebagai tempat wisata petik jeruk.Penduduk yang bekerja di sektor non perkebunan tersebar di berbagai sektor seperti peternakan, perikanan, pedagang, PNS, TNI/ Polri, buru pabrik/ industri, penggalian/ pertambangan, buruh tani, buruh bangunan, jasa, dan lainya.[/vc_column_text][vc_empty_space]

[/vc_column][/vc_row][vc_row content_text_aligment=”center” css=”.vc_custom_1539260876012{padding-bottom: 126px !important;}”][vc_column][/vc_column][/vc_row][vc_row content_placement=”top” row_content_width=”grid”][vc_column]
[vc_single_image image=”5386″ img_size=”full”]

Our Popular Tours

Etiam rhoncus. Maecenas tempus, tellus eget condimentum rhoncus, sem quam semper libero, sit amet adipiscing sem

[vc_empty_space height=”4px”]
Camp Ground Wisata Selorejo 0
Wisata Petik Jeruk 0
Wahana Outbond 0
[/vc_column][/vc_row]

You don't have permission to register